Wed 04 Nov, 2020

KOPI

Kopi adalah jenis minuman yang penting bagi sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Bukan hanya karna kenikmatan konsumen peminum kopi namun juga karena nilai ekonomis bagi negara-negara yang memproduksi dan mengekspor biji kopi (seperti Indonesia). 

Bagi beberapa orang produk ini, dibuat dari biji tanaman kopi yang dipanggang (tanaman berbunga dari famili Rubiaceae), disebut sebagai “komoditi kedua yang paling banyak diperdagangkan secara legal” dalam sejarah manusia.

Kopi yang dijual di dunia biasanya adalah kombinasi dari biji yang dipanggang dari dua varietas pohon kopi: arabika dan robusta. Perbedaan di antara kedua varietas ini terutama terletak pada rasa dan tingkat kafeinnya. 

Biji arabika, lebih mahal di pasar dunia, memiliki rasa yang lebih mild dan memiliki kandungan kafein 70% lebih rendah dibandingkan dengan biji robusta.

Wilayah subtropis dan tropis merupakan lokasi yang baik untuk budidaya kopi. Oleh karena itu, negara-negara yang mendominasi produksi kopi dunia berada di wilayah Amerika Selatan, Afrika, dan Asia Tenggara.

Kopi adalah komoditi yang diperdagangkan di bursa-bursa komoditi dan futures, yang paling penting di London dan New York. Di bawah ini, terdapat dua tabel yang mengindikasikan lima negara produsen kopi utama dunia dan lima negara eksportir kopi utama dunia.

Lima Negara Produsen Kopi Terbesar di Dunia - Musim Tanaman 2016-2017:

1. Brasil  55,000,000

2. Vietnam  25,500,000

3. Kolombia  14,500,000

4. Indonesia  11,491,000

5. Etiopia   6,600,000

Lima Negara Eksportir Kopi Terbesar di Dunia pada Musim 2016-2017:

1. Brasil  34,500,000

2. Vietnam  23,200,000

3. Kolombia  12,800,000

4. Indonesia   6,891,000

5. Honduras   5,589,000

dalam bungkus 60 kilogram

Sumber: International Coffee Organization

Produksi Domestik, Ekspor dan Konsumsi Kopi Indonesia

Kopi diperkenalkan di Nusantara oleh Belanda yang pada awalnya menanam pohon-pohon kopi di sekitar wilayah kekuasaan mereka di Batavia namun kemudian dengan cepat mengekspansi produksi kopi ke wilayah Bogor dan Sukabumi di Jawa Barat di abad ke-17 dan abad ke-18. Indonesia terbukti memiliki iklim yang hampir ideal untuk produksi kopi dan karenanya perkebunan-perkebunan segera didirikan di wilayah-wilayah lain di Jawa, Sumatra dan juga di Sulawesi.

Pada saat ini, perkebunan kopi Indonesia mencakup total wilayah kira-kira 1,24 juta hektar, 933 hektar perkebunan robusta dan 307 hektar perkebunan arabika. Lebih dari 90% dari total perkebunan dibudidayakan oleh para petani skala kecil yang memiliki perkebunan relatif kecil sekitar 1-2 hektar, masing-masing. Berlawanan dengan pesaing seperti Vietnam, Indonesia tidak memiliki perkebunan kopi yang besar dan oleh karena itu menemukan lebih banyak kesulitan untuk menjaga volume produksi dan kualitas yang stabil, sehingga daya saing kopi Indonesia di pasar internasional kurang kuat.

Seperti yang telah disebutkan di atas dan mirip dengan raksasa kopi regional Vietnam, sebagian besar hasil produksi biji kopi Indonesia adalah varietas robusta yang berkualitas lebih rendah. Biji arabika yang berkualitas lebih tinggi kebanyakan diproduksi oleh negara-negara Amerika Selatan seperti Brazil, Kolombia, El Salvador dan Kosta Rika. Oleh karena itu, sebagian besar ekspor kopi Indonesia (kira-kira 80%) terdiri dari biji robusta. Ekspor kopi olahan hanyalah bagian kecil dari total ekspor kopi Indonesia.

📍Provinsi-provinsi yang berkontribusi paling besar untuk produksi kopi Indonesia adalah:

📌ROBUSTA:   

1. Bengkulu (Sumatra)

2. Sulawesi Selatan

3. Lampung (Sumatra) 

📌ARABIKA:

1. Aceh

2. Sumatra Utara

Pada tahun 2012, kira-kira 70% dari total produksi tahunan biji kopi Indonesia diekspor, terutama kepada para pelanggan di Jepang, Afrika Selatan, Eropa Barat, dan Amerika Serikat. 

Konsumsi kopi di Indonesia meningkat dengan compound annual growth rate (CAGR) 7,7% di tahun 2011-2014. Tetap saja, pada 1,0 kilogram (data 2014), konsumsi per kapita kopi tetap rendah di Indonesia.


Created at - 2020-11-04 19:50:07

Contact Us

Give us a call, send us an email or a letter - or whatsapp to have a chat. We are always here to help out in whatever way we can.

PT. JARAJAN GLOBAL INTERNASIONAL
Jl. S.O.1 Maret No 3 Pojok Benteng Kulon
Mantrijeron, Suryodingratan, Yogyakarta
P: (+62) 85201031214

PT. Jarajan Global Internasional Adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan besar dan eceran melalui media berbasis internet untuk berbagai komoditas. Didukung oleh manajemen dan tenaga kerja yang berpengalaman, terlatih, berdedikasi, dan dengan profesionalitas yang tinggi kami senantiasa menjalankan usaha dengan menjadikan komitmen sebagai prioritas kami dalam memberikan kepastian dan kepuasan kepada para mitra usaha dan pelanggan sesuai dengan yang diharapkan.

Send us mail

Or follow us on social platform

© 2020 PT. JARAJAN GLOBAL INTERNASIONAL